Butuh Konsultan Izin Usaha? Baca Ini Dulu

Tabel Pembahasan

Konsultan izin usaha merupakan pihak yang banyak dicari oleh pebisnis karena dapat membantu memudahkan masalah perizinan. Berbekal izin usaha, bisnis Anda akan mendapatkan perlindungan hukum yang kuat. Anda juga lebih memperoleh informasi pemberdayaan dari pusat, provinsi, dan daerah.

Selain tanda kepatuhan terhadap hukum, izin usaha memudahkan Anda memperoleh fasilitas yang menunjang bisnis Anda lainnya seperti mendapatkan tender, akses pengajuan kredit, dan bantuan penanaman modal. Bisnis yang telah mengantongi izin usaha lebih dipercaya konsumen karena dianggap memiliki kredibilitas tinggi. Lantaran izin usaha dapat digunakan sebagai sarana promosi, bisnis Anda berpeluang tumbuh lebih cepat.

Sekilas Tentang Izin Usaha

Izin usaha merupakan persetujuan atau pemberian izin yang dikeluarkan oleh pihak berwenang atas penyelenggaran kegiatan usaha yang dilakukan oleh pengusaha atau badan usaha. Setiap pelaku usaha yang memiliki kekayaan bersih (tidak termasuk bangunan dan tanah) di atas Rp50 juta diwajibkan mengurus izin usaha. Tak hanya sebagai penanda bahwa usaha tersebut legal, izin usaha akan mendorong kegiatan jual beli lebih lancar.

Berdasarkan modal dan tingkat kekayaan, surat izin usaha terbagi menjadi empat jenis, yakni mikro, kecil, menengah, dan besar. Untuk mendapatkan izin usaha, Anda harus mempersiapkan sejumlah syarat administrasi. Anda bisa mengurus perizinan tersebut secara mandiri maupun menggunakan jasa konsultan.

Tips Memilih Konsultan Untuk Izin Usaha

Konsultan izin usaha merupakan layanan yang memudahkan pelaku usaha mengurus penerbitan izin usaha. Keberadaan konsultan perizinan usaha dapat menghemat waktu Anda. Tak heran apabila banyak pengusaha menggunakan jasa konsultan perizinan usaha. Pastikan untuk menerapkan tips berikut supaya Anda mendapatkan jasa konsultan terbaik.

Cari Penyedia Jasa

Cukup banyak penyedia jasa konsultan perizinan usaha yang dapat Anda jadikan pilihan. Anda bisa menemukannya melalui internet, iklan media sosial, atau mendatangi kantor konsultan. Penyedia jasa konsultan ini akan membantu Anda mendirikan badan usaha maupun perizinan usaha. Bahkan, beberapa di antaranya menyediakan jasa pendaftaran HAKI. Salah satu jasa konsultan yang direkomendasikan adalah kalyanalaw.id.

Baca Juga:   Pendirian dan Pengelolaan Perusahaan: Panduan Lengkap dan Dokumen-dokumen Penting yang Dibutuhkan

Legalitas Perusahaan

Cek legalitas konsultan perizinan usaha yang hendak Anda pilih. Hal ini penting untuk mengetahui apakah konsultan tersebut berhak memberikan jasa konsultasi dan bisa bertanggung jawab atas layanannya atau tidak. Biasanya konsultan profesional sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT), bukan lagi perorangan. Konsultan profesional juga memiliki website, nomor kontak mudah dihubungi, dan kantor untuk dikunjungi secara langsung.

Reputasi 

Konsultan yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya pasti memiliki reputasi yang baik. Biasanya konsultan tersebut juga memiliki jam terbang tinggi. Kompetensi inilah yang menjadi tolak ukur memilih konsultan. Sangat disarankan untuk mengumpulkan informasi mengenai profil perusahaan konsultan sebelum memilih. Cari tahu bagaimana rekam jejak selama perusahaan konsultan tersebut berdiri. Berbekal kemajuan teknologi, Anda bisa mencari informasi tersebut melalui website resmi atau media sosial.

Cek Hasil Kerja

Sangat penting mengecek portofolio untuk mengetahui hasil kerja konsultan perizinan usaha. Apakah hasilnya sesuai dengan reputasi perusahaan konsultan tersebut atau hanya sekadar omongan belaka.

Testimoni Pelanggan

Umumnya, konsultan perizinan usaha dengan reputasi tinggi memiliki banyak testimoni pelanggan. Testimoni pelanggan bersifat objektif, sesuai dengan pengalaman dan kepuasan yang dirasakan terhadap layanan dari jasa konsultan tersebut. Apabila terdapat banyak testimoni negatif, bisa dipastikan bahwa kinerja konsultan tersebut kurang bagus. Sebaliknya, jika banyak testimoni positif, bisa dipastikan bahwa kinerja konsultan tersebut memuaskan.

Cobalah Berkomunikasi Langsung

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan komunikasi yang baik dan menyakinkan menjadi salah satu poin plus dari penyedia jasa konsultan perizinan usaha. Berkomunikasi secara langsung dengan konsultan merupakan cara efektif untuk mengetahui kebutuhan dan solusi yang Anda butuhkan.

Dari komunikasi tersebut, Anda bisa menilai apakah konsultan tersebut berpengalaman? Cepat tanggap? Bisa dipercaya? Profesional? Melalui komunikasi langsung, Anda juga bisa melihat bagaimana cara konsultan tersebut menyikapi permasalahan.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Sertifikat SNI dengan Mudah dan Cepat

Biaya Jasa

Sebelum menggunakan layanan konsultan perizinan usaha, alangkah bijak untuk mengecek biaya jasa terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pengecekan biaya tersebut melalui website atau bertanya langsung pada Customer Service. Biasanya, konsultan dengan jam terbang tinggi, kompetensi baik, dan berpengalaman menawarkan biaya layanan lebih tinggi.

Lakukan Perbandingan

Di Indonesia terdapat banyak konsultan perizinan usaha yang memiliki kemampuan bagus dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggannya. Sebelum Anda menentukan pilihan, ada baiknya untuk melakukan perbandingan. Catat konsultan yang membuat Anda tertarik kemudian lakukan perbandingan mengenai pengalaman, reputasi, pelayanan, dan biaya. Pilih konsultan perizinan usaha terbaik yang paling unggul di antara konsultan lainnya.

Demikianlah informasi singkat mengenai pengertian dan tips memilih konsultan izin usaha yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Bagi Anda yang membutuhkan layanan virtual office dan perizinan UMKM, jangan ragu menghubungi kalyanalaw.idkalyanalaw.id akan memberikan solusi terbaik untuk bisnis Anda dengan lokasi strategis berkonsep smart office. Apa lagi yang Anda tunggu? Hubungi kami sekarang!

Layanan Kami

Jasa Pengurusan dan Pembuatan NIB
Layanan Pendirian CV
Jasa Pendirian PT Perorangan