Cara Mendapatkan Sertifikat SNI dengan Mudah dan Cepat

mendaftar sertifikat SNI

Tabel Pembahasan

Sertifikat SNI atau Standard Nasional Indonesia adalah sertifikat wajib yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) bagi produk-produk yang akan diperjualbelikan di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mudah dan cepat untuk mendapatkan sertifikat SNI untuk produk-produk yang ingin dijual di Indonesia.

Mengapa Perlu Sertifikat SNI?

Sertifikat SNI (Standard Nasional Indonesia) sangat penting bagi produsen atau pemilik bisnis yang ingin memasarkan produknya di Indonesia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perlu memiliki sertifikat SNI:

  1. Memastikan Keamanan Produk: Sertifikat SNI menjamin bahwa produk telah memenuhi standar nasional Indonesia yang diakui secara internasional, sehingga dapat menjamin keamanan produk bagi konsumen.
  2. Memenuhi Persyaratan Hukum: Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan mensyaratkan bahwa produk yang diperdagangkan di Indonesia harus memenuhi standar nasional Indonesia.
  3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen: Sertifikat SNI dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh produsen atau pemilik bisnis.
  4. Memperluas Pasar: Dengan memiliki sertifikat SNI, produsen atau pemilik bisnis dapat memasarkan produknya ke seluruh Indonesia dan bahkan ke pasar internasional yang mengakui standar SNI.
  5. Meningkatkan Daya Saing: Sertifikat SNI dapat meningkatkan daya saing produk dalam pasar, karena produk yang memiliki sertifikat SNI dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan produk yang tidak memiliki sertifikat tersebut.

Meskipun proses untuk mendapatkan sertifikat SNI cukup panjang dan rumit, namun memiliki sertifikat SNI akan memberikan banyak manfaat bagi produsen atau pemilik bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi produsen atau pemilik bisnis untuk memperhatikan standar nasional Indonesia dan memastikan produk yang dihasilkan telah memenuhi standar tersebut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi Sni

Proses pendaftaran sertifikat SNI dapat dilakukan secara online melalui Sistem Informasi Sertifikasi Produk (SISPRO) yang dikelola oleh BSN. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar sertifikat SNI secara online:

Baca Juga:   Cara Mengurus PBG dengan Mudah

Langkah 1: Daftar Akun di SISPRO

Pertama-tama, pengusaha harus mendaftar akun di SISPRO dengan mengisi formulir registrasi yang telah disediakan.

Langkah 2: Melengkapi Data Perusahaan dan Produk

Setelah memiliki akun, pengusaha harus melengkapi data perusahaan dan produk yang akan didaftarkan di SISPRO. Data yang perlu dilengkapi antara lain: informasi perusahaan, informasi produk, dan dokumen pendukung seperti sertifikat ISO dan hasil uji laboratorium.

Langkah 3: Bayar Biaya Pendaftaran

Setelah melengkapi data, pengusaha harus membayar biaya pendaftaran sertifikat SNI. Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui transfer bank atau e-payment yang telah disediakan.

Langkah 4: Verifikasi dan Audit Lapangan

Setelah membayar biaya pendaftaran, tim auditor dari BSN akan melakukan verifikasi data dan audit lapangan di tempat produksi produk. Setelah audit lapangan selesai, tim auditor akan membuat laporan audit dan merekomendasikan apakah produk tersebut layak untuk mendapatkan sertifikat SNI atau tidak.

Langkah 5: Pengambilan Sertifikat

Jika produk telah dinyatakan layak oleh tim auditor, pengusaha dapat mengambil sertifikat SNI di kantor BSN yang terdekat.

Selain itu, ada beberapa tahapan pemeriksaan, yaitu:

Pengajuan permohonan sertifikat SNI

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah mengajukan permohonan sertifikat SNI ke lembaga sertifikasi yang telah terakreditasi oleh KAN. Permohonan tersebut dapat diajukan secara online melalui website resmi lembaga sertifikasi atau secara langsung di kantor lembaga sertifikasi.

Pemeriksaan persyaratan

Setelah permohonan diajukan, lembaga sertifikasi akan melakukan pemeriksaan persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Jika semua persyaratan terpenuhi, maka permohonan akan diproses lebih lanjut.

Pengujian sampel produk

Setelah persyaratan dan dokumen terpenuhi, lembaga sertifikasi akan melakukan pengujian terhadap sampel produk yang akan disertifikasi. Pengujian tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar SNI yang berlaku.

Baca Juga:   Prosedur Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Audit pabrik

Selain pengujian sampel produk, lembaga sertifikasi juga akan melakukan audit pabrik. Audit tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa proses produksi dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku. Jika semua persyaratan terpenuhi dan produk telah diuji dan terbukti memenuhi standar SNI, maka sertifikat SNI akan diterbitkan.

Penerbitan sertifikat SNI

Setelah semua tahapan di atas telah dilalui dan persyaratan terpenuhi, lembaga sertifikasi akan menerbitkan sertifikat SNI yang akan diberikan kepada produsen atau distributor produk.

Proses pendaftaran sertifikat SNI memang memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar. Namun, dengan memiliki sertifikat SNI, produk Anda akan terjamin keamanan dan kualitasnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa mendapatkan sertifikat SNI adalah langkah penting bagi produsen atau pemilik bisnis yang ingin memasarkan produknya di Indonesia. Sertifikat SNI menunjukkan bahwa produk telah memenuhi standar nasional yang diakui secara internasional dan ini memberikan kepercayaan pada konsumen untuk membeli produk tersebut.

Meskipun proses untuk mendapatkan sertifikat SNI cukup panjang dan rumit, namun ada beberapa tips yang dapat membantu mempermudah proses tersebut, seperti melakukan persiapan yang baik sebelum mengajukan permohonan sertifikat, mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, dan bekerja sama dengan laboratorium atau pihak sertifikasi yang terpercaya.

Dengan memiliki sertifikat SNI, bukan hanya konsumen yang merasa aman dan percaya, namun juga produsen atau pemilik bisnis yang dapat memperluas pasar dan meningkatkan kepercayaan pada merek mereka. Oleh karena itu, pastikan produk Anda telah memenuhi standar SNI dan terus mengikuti perkembangan standar yang berlaku untuk menjaga kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan.

Layanan Kami

Jasa Pengurusan dan Pembuatan NIB
Layanan Pendirian CV
Jasa Pendirian PT Perorangan