Izin Mendirikan Klinik Kecantikan

Tabel Pembahasan

Izin mendirikan klinik kecantikan – Untuk mengoperasikan klinik kecantikan di Indonesia, diperlukan izin yang prosedurnya ditentukan, tergantung jenisnya. Klinik kecantikan di Indonesia terdiri dari

  1. klinik pratama dengan dokter umum,
  2. klinik utama dengan dokter kulit, dan fasilitas rawat inap.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara mendapatkan izin usaha untuk klinik kecantikan tersebut?

Tata Cara Memperoleh Izin Klinik Kecantikan

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 9 Tahun 2014, klinik kecantikan harus mengajukan izin dengan mengikuti langkah-langkah rinci di bawah ini.

Surat kepada Kementerian Kesehatan

Surat itu harus mencakup informasi lain seperti identitas bisnis, alasan pendiriannya, jenis klinik, layanan yang ditawarkan, dan lokasi bisnis. Format surat pengantar ini banyak digunakan di Internet, jadi yang harus Anda lakukan hanyalah mengisinya.

Pengisian dokumen permohonan

Berbagai dokumen harus dilampirkan pada permohonan pendirian perusahaan. Jika Anda langsung pergi ke kantor aplikasi bisnis, pastikan Anda memiliki beberapa salinan dari setiap dokumen identifikasi penting. Salinan dokumen yang diperlukan termasuk KTP, sertifikat pendirian perusahaan, dokumen izin lingkungan, sertifikat sertifikat tanah dan izin bangunan disertakan.

Izin Lingkungan dapat dibuat dengan mengisinya dalam format standar dan menyerahkannya kepada perwakilan masyarakat di sekitar tempat usaha Anda untuk ditandatangani. Namun, pemerintah tidak lagi membutuhkan izin lingkungan. Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2017.

Dokumentasi tanggung jawab kepegawaian

Tata cara memperoleh izin pendirian klinik kecantikan harus menyertakan dokumen pertanggungjawaban kepegawaian. Ini termasuk salinan kartu ID pemilik bisnis, mitra, dan staf pemasaran. Dokter jaga harus terdaftar dan memiliki izin praktik yang masih berlaku.  Materi pelatihan dan panduan juga harus tersedia untuk personel medis dan operator peralatan terapi. Ini memudahkan untuk memahami siapa yang bertanggung jawab atas klinik tersebut.

Baca Juga:   Cara Upgrade PT Perorangan ke PT Biasa

Memasukkan keterangan tambahan

Calon pemilik klinik kecantikan wajib memasukkan surat keterangan, termasuk ketersediaan kamar, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Surat itu berisi identitas klinik, deskripsi singkat, dan dua tanda tangan: pemilik klinik dan dokter yang merawat. Setiap tanda tangan harus dibubuhi cap sejumlah Rp10.000.

Membuat daftar layanan dan harga

Pastikan daftar layanan dan harga klinik lengkap dan tidak dapat diubah. Ini karena informasi ini harus disertakan dalam lisensi. Buat daftar layanan, produk yang dijual dan harganya masing-masing. Jika Anda memiliki perubahan atau kategori yang mengubah harga, jangan lupa untuk menyertakannya.

Memproses NPWP dan melampirkan bukti setelah klinik berdiri

Silahkan mendaftar ke otoritas pajak untuk mendapatkan NPWP. Informasi NPWP ini harus disertakan dalam proses permohonan izin usaha. Contohnya antara lain salinan kartu NPWP atau penyebutan nomor KTP. Harap dicatat bahwa NPWP yang diajukan untuk tujuan ini bukan milik Anda.

Daftar lengkap informasi klinik

Terakhir, buat daftar informasi klinik lengkap. Tambahkan identitas Anda seperti nama, moto, logo, alamat dan layanan yang disediakan. Tambahkan informasi mengenai produk yang digunakan, seperti bahan aktif yang terkandung dan komposisinya. Ingatlah untuk mencantumkan semua fasilitas yang digunakan, terutama jika fasilitas tersebut menggunakan mesin-mesin canggih atau impor.

Cara Mendaftar Izin Klinik Utama

Semua metode di atas untuk mendapatkan izin mendirikan Klinik Kecantikan adalah prosedur standar. Hasilnya cukup untuk mendirikan Klinik Pratama. Namun, jika Anda mengubah rencana dan memilih rumah sakit utama, pastikan untuk mendaftar kembali ke dewan kota dan pusat kesehatan masyarakat setempat.

Syarat penetapan Klinik Pratama sebagai rumah sakit induk adalah sebagai berikut.

Koordinasi dengan rumah sakit setempat

Klinik kecantikan kita harus menjalin hubungan kerjasama dengan rumah sakit terdekat. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan rujukan, keadaan darurat, atau rawat inap.

Baca Juga:   Prosedur Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Memberikan fotokopi sertifikat Tenaga Medis

Semua dokter dan staf medis di Klinik Utama harus memberikan ijazah, bukti pelatihan, dokumen akreditasi, bukti lisensi dan dokumen lain sebagai bukti lengkap dan untuk tujuan jaminan kualitas.Anda wajib menyerahkan salinan dari Salinan sertifikat pendaftaran juga harus dilampirkan, terutama jika Anda seorang dokter.

Menulis Surat Kuasa Pengelolaan

Bagaimana jika pemilik klinik tidak secara pribadi mengelola kegiatan operasi sehari-hari di klinik? pemilik klinik harus menulis surat kuasa dengan tanda tangan dan materai untuk manajer/direktur klinik. Setelah itu dilampirkan salinan permohonan persetujuan sebagai rumah sakit utama.

Menyertakan Surat Bukti Kebenaran Informasi

Terakhir, tulis surat yang menyatakan bahwa semua informasi yang diberikan adalah benar serta tambahkan materai dan tanda tangan sebagai penguat.

Apakah proses ini terlalu rumit? Manfaatkan layanan pengurusan lisensi perusahaan yang ditawarkan Kalyana Law Office. Pengalaman kami akan membantu perusahaan, klinik, dan organisasi mendapatkan persetujuan dengan cepat dan mudah.

Mengetahui cara mendapatkan izin untuk membuka klinik kecantikan akan membantu Anda mendirikan klinik dan meningkatkan layanan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Permudah prosesnya dengan menggunakan layanan Kalyana Law Office.

Layanan Kami

Jasa Pengurusan dan Pembuatan NIB
Layanan Pendirian CV
Jasa Pendirian PT Perorangan