Sukses Bisnis Usaha Apotek Untuk Pemula

Tips Membuka Usaha Apotek

Tabel Pembahasan

Sukses Bisnis Usaha Apotek – Langkah mengawali usaha apotek bisa dilaksanakan secara mudah setelah Anda megentahui seluk-beluknya. Usaha apotek bukan hanya menjual obat, tapi juga menyediakan layanan kesehatan dengan mengurus obat sebagai alat analisis, pengobatan, penangkalan, dan peningkatan kesehatan. Pengendalian itu harus dilaksanakan oleh apoteker.

Prospek Usaha Apotek

Ingat! kesehatan merupakan aset yang sangat penting, usaha apotek termasuk jenis yang prospektif. Walau obat generik dipasarkan secara bebas, mayoritas orang cenderung memilih obat di apotek. Selain lebih terjaga, di apotek customer bisa juga mengajukan referensi obat pada apoteker berkaitan keluhan yang dirasa.

Dari segi usaha, apotek benar-benar memberikan keuntungan karena obat adalah keperluan primer manusia. Produk farmasi yang bervariatif memungkinkannya customer pilih sama sesuai usia. Bukan hanya anak-anak, dewasa dan lanjut usia memerlukan obat untuk menahan penyakit dan memiara kesehatan badan. Jika diatur secara benar, apotek bisa berkembang dengan cepat.

Tingginya kebutuhan pasar berkenaan obat sudah menggerakkan perkembangan apotek. Sekarang apotek bisa juga dipunyai lewat mekanisme waralaba. Tentu saja ini semakin meluaskan lingkup pasar dan kesempatan usaha. Untuk Anda yang mempunyai usaha lain, apotek bisa diatur jarak jauh dengan kontribusi Apoteker Penanggung Jawab (APJ).

Ini Tips Berbisnis Apotek Untuk Pemula

Menyaksikan prospek usaha apotek yang menarik, tidaklah aneh jika beberapa orang tertarik mengawalinya. Jika Anda juga begitu, berikut langkah mengawali usaha apotek yang gampang untuk yang baru memulai.

Cari Info

Sebagai pemula, Anda harus mencari informasi terkait apotek kepada orang yang ahli. Hal ini dilakukan supaya Anda memahami aturan pendirian apotek, penjualan obat, dan tantangan yang akan dihadapi kelak. Mempelajari seluk-beluk bisnis apotek akan membuat pikiran lebih terbuka sehingga memudahkan Anda menentukan solusi, mengambil keputusan, dan memanfaatkan peluang yang ada.

Baca Juga:   Bisnis Properti Modal Kecil, Pilihan Tepat Untuk Pemula

Membuat Gagasan Usaha

Buatlah perencanaan bisnis apotek lebih dulu. Rencana bisnis tidak hanya membuat Anda lebih terarah dan fokus, melainkan mendorong semangat untuk mencapai target yang ditetapkan. Rencana bisnis juga dapat untuk meminimalisasi kesalahan dan risiko. Dalam rencana bisnis tersebut harus termuat gambaran mengenai modal yang dibutuhkan, strategi pemasaran yang akan digunakan, kriteria karyawan, jumlah karyawan, hingga standar pelayanan.

Sediakan Modal

Setelah yakin Anda hendak berbisnis apotek, siapkan modal yang diperlukan. Hitung seluruh biaya yang dibutuhkan. Mulai dari biaya sewa gedung, biaya pembelian obat, produk kesehatan lain, gaji karyawan, dan lainnya. Anda bisa menggunakan tabungan pribadi atau meminjam dari keluarga.

Apabila dana yang dibutuhkan masih kurang, tersedia pinjaman modal usaha yang ditawarkan oleh bank dengan plafon kredit bervariasi. Bagi Anda yang tetap ingin menggunakan dana sendiri, solusinya adalah mendirikan apotek skala kecil lebih dulu. Berbekal pelayanan cepat dan ramah serta harga bersaing, lambat laun bisnis Anda makin berkembang pesat.

Tentukan Lokasi Apotek

Setelah merancang rencana bisnis dan menyediakan modal, tentukan lokasi pendirian apotek. Penentuan lokasi apotek secara tidak langsung akan memengaruhi kelangsungan bisnis di masa depan. Oleh karenanya, dianjurkan untuk memilih lokasi strategis. Meskipun harga sewa terbilang mahal, lokasi dekat jalan, padat pemukiman, atau wilayah dengan mobilitas tinggi memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan konsumen potensial.

Pertimbangan juga akses transportasi umum dan peluang usaha di sekitar kawasan. Apabila di kawasan tersebut sudah berdiri apotek lain, lakukan analisis kompetitor untuk mendapatkan strategi penjualan terbaik. Gunakan kelemahan pesaing untuk menarik minat beli konsumen. Misalnya: harga sedikit lebih murah, pembelian Rp100 ribu bisa diantar ke rumah dengan jarak maksimal 1 km, atau undian khusus hari jadi apotek. Pelayanan dan harga yang lebih baik akan mendorong konsumen membeli obat di apotek milik Anda.

Baca Juga:   Bisnis Start Up: Karakteristik, Tipe, dan Predikat

Mencari Vendor Obat

langkah sukses bisnis usaha apotek selanjutnya mencari supplier obat tepercaya. Hal ini dilakukan agar bisa menjual dengan harga kompetitif. Mulailah mencari informasi mengenai pemasok skala besar yang menawarkan obat murah dengan kredibilitas tinggi. Jangan sampai Anda tergiur harga murah, tetapi obat tersebut memiliki masa pakai yang pendek atau justru palsu.

Rajut Kerja Sama

Tak ada salahnya menjalin kerja sama dengan pihak asuransi kesehatan. Selain memperbesar kesempatan apotek Anda dikenal luas, hal ini efektif membangun kepercayaan konsumen. Terutama konsumen yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan, KIS, maupun ASKES.

Persiapkan legalitas perusahaan

Untuk memulai bisnis apotek, Anda perlu mempersiapkan izin. Legalitas bisnis berdampak besar dalam membangun kepercayaan konsumen. Supaya proses perizinan lancar, siapkan seluruh dokumen yang diperlukan dan ikuti seluruh tahapannya dengan baik. Apabila Anda merasa kesulitan, gunakan layanan jasa perizinan dari kalyanalaw.id.

Demikianlah informasi mengenai sukses bisnis usaha apotek yang perlu diketahui. Agar bisnis apotek Anda makin maju, lakukan promosi melalui media sosial dan tingkatkan kualitas layanan. Apabila membutuhkan bantuan terkait perizinan apotek, kalyanalaw.id siap membantu. Tunggu apalagi? Segera kontak kalyanalaw.id!

Layanan Kami

Jasa Pengurusan dan Pembuatan NIB
Layanan Pendirian CV
Jasa Pendirian PT Perorangan