Tentang Yayasan Yang Perlu Kamu Ketahui

yang perlu kamu ketahui tentang yayasan

Tabel Pembahasan

Pendirian yayasan pada dasarnya dilakukan berdasarkan akta yang dibuat dalam bahasa Indonesia disahkan oleh notaris. Selain itu, yayasan juga dapat dibuat berdasarkan surat wasiat Namun, baru memperoleh status badan hukum ketika Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyetujui akta pendirian yayasan. Selanjutnya, tentang yayasan yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

Kelembagaan

Yayasan memiliki kelembagaan yang terdiri dari pengurus, pimpinan dan pengawas. Pembina adalah organ yang mempunyai kewenangan yang tidak diserahkan kepada pengurus atau pengawas oleh Undang-undang atau anggaran dasar. Anggota Pembina tidak boleh bertindak sebagai pengurus dan/atau pengawas pada saat yang bersamaan.

Pengurus adalah lembaga yang mengurus yayasan yang diangkat berdasarkan keputusan dewan pengawas untuk masa jabatan 5 (lima) tahun, dan dapat diangkat kembali setelah masa jabatan pertama berakhir. Pengurus sewaktu-waktu dapat diberhentikan berdasarkan keputusan rapat pembina. Susunan pengurus sekurang-kurangnya terdiri dari:

  1. Ketua;
  2. Sekretaris;
  3. Bendahara.

Pengawas adalah organ yang bertugas melakukan pengawasan serta memberi nasihat kepada pengurus dalam menjalankan kegiatan yayasan. Pengawas sewaktu-waktu dapat diberhentikan berdasarkan keputusan rapat pembina.

Pendirian dan Modal Awal

Yayasan mempunyai maksud dan tujuan di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan. Untuk melakukan kegiatan usaha supaya mencapai maksud dan tujuannya, yayasan dapat mendirikan badan usaha dan/atau ikut serta dalam badan usaha. Yayasan dapat mendirikan badan usaha yang kegiatannya sesuai dengan maksud dan tujuan yayasan. Yayasan memiliki kekayaan sendiri yang dipisahkan dari kekayaan pendiri atau pengurusnya, yang digunakan sebagai awal modal untuk melaksanakan kegiatan.

Modal awal atau kekayaan awal yayasan yang didirikan oleh warga negara Indonesia sekurang-kurangnya Rp. 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah), sedangkan yayasan yang didirikan oleh Warga Negara Asing, total asset atau kekayaan awal minimal Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah). Aset atau kekayaan asli ini bisa berupa uang atau barang  yang digunakan dalam usaha inti yayasan untuk mencapai maksud dan tujuan yayasan. Baik itu berasal dari pemberian, sumbangan, hibah, wasiat atau perolehan lainnya yang tidak bertentangan dengan anggaran dasar yayasan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga:   Ingin Melakukan Pendirian CV? Baca Ini Dulu!

Yayasan yang sebagian kekayaannya berasal dari negara, luar negeri atau sumbangan dari masyarakat atau pihak lain, harus kekayaan yayasannya diaudit oleh auditor dan laporan tahunannya dimuat dalam surat kabar berbahasa Indonesia. .

Penggabungan Yayasan

Penggabungan Yayasan dapat dilakukan dengan cara menggabungkan 1 (satu) atau beberapa Yayasan dengan Yayasan lain, dalam hal ini Yayasan yang menggabungkan diri akan dibubarkan. Yayasan dapat digabung dengan memperhatikan:

  1. Yayasan tidak dapat melakukan usaha tanpa dukungan yayasan lain;
  2. Penggabungan Yayasan dan Yayasan terkait yang melakukan kegiatan sejenis; atau
  3. Yayasan-yayasan persatuan itu sendiri tidak pernah melakukan kegiatan yang bertentangan dengan anggaran dasar, ketertiban umum dan kesusilaan.

Pengurus dana hasil penggabungan wajib mengumumkan hasil penggabungan dalam surat kabar harian berbahasa Indonesia.

Layanan Kami

Jasa Pengurusan dan Pembuatan NIB
Layanan Pendirian CV
Jasa Pendirian PT Perorangan